TRANSMISI MANUAL
    
    Transmisi Manual  adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang mempunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan, yang dikerakan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual.


       1. Fungsi Transmisi Manual adalah :
a. Merubah dan mengatur moment putar dan putaran pada roda penggerak sesuai dengan kebutuhan (posisi 1, 2, 3 ……..n)
b.  Memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup (posisi netral)
c.  Memungkinkan kendaraan berjalan mundur (posisi R . mundur)

2.    Prinsip Kerja Transmisi
   Lengan Pengaturan Moment putar dan putaran didasarkan pada prinsip lengan ungkit, seperti yang digambarkan dibawah ini.

Dengan lengan pengungkit yang panjang memungkinkan pemindahan beban yang berat dengan tenaga yang kecil.
               
     3.    Macam-macam Transmisi
                     a. Dilihat dari posisi gigi.
                1) Dengan gigi geser (Sliding Gear)
             

 

Gigi 1

Gigi 2
:

:
Roda gigi A – D dihubungkan, B – C lepas (putaran out put rendah/lambat)
Roda gigi B – C dihubungkan, A – D lepas (putaran out put tinggi/cepat)

2) Dengan gigi tetap (Constan mesh)

 
              
Posisi Gigi 1

Posisi Gigi 2
:

:
Kopling geser dihubungkan ke roda gigi D
(Putaran out put rendah/lambat)
Kopling geser dihubungkan keroda gigi C
(Putaran out put tinggi/cepat)

        Dilihat dari jumlah poros
                   Transmisi Dua Poros
                   Transmisi Tiga Poros

        Dilihat dari penggunaan sinkromesh
             Transmisi tanpa sinkromesh
             Transmisi dengan sinkromesh

        Dilihat dari Roda yang digerakkan
             Transmisi penggerak Roda depan
             Transmisi penggerak Roda belakang

Contoh : Transmisi Biasa dengan Roda Gigi Geser


 













1.    Poros kopling/Poros input
2.    Poros utama/Poros output
3.    Poros bantu/Counter Gear
  1. Garpu pemindah
  2. Roda gigi balik (mundur) /
Reverse Gear

Posisi Gigi :
Gigi 1


Gigi 2


Gigi 3


Gigi 4
=


=


=


=


Roda gigi geser C dihubungkan dengan F maka A – D dan F – C berhubungan (putaran output lambat)

Roda gigi geser B dihubungkan dengan E (C dilepas) maka A – D dan E – B berhubungan

Roda gigi geser B dihubungkan dengan A (C lepas) maka poros output dan input seporos (putaran input dan output sama)

Roda gigi geser dihubungkan dengan H (B lepas) maka A – D dan roda gigi G – H – C berhubungan (putaran input dan output berlawanan)

4. Aliran Tenaga pada Transmisi



VIDEO CARA KERJA TRANSMISI MANUAL



   
    
    KUIS


12 Comments

  1. Saya tajiman kelas 12 tkr4 izin bertanya. Apa yg terjadi jika sistem transmisi tidak bekerja dengan normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika transmisi bekerja tidak normal, maka akan mengakibatkan getaran&suara berisik pada kendaraan, terutama saat memindahkan gigi. Dan juga saat pemindahan terasa susah, mengakibatkan kenyamanan saat pemindahan gigi terasa tidak nyaman.
      Jika tidak diidentifikasi kerusakannya yg menyebabkan abnormal, makan transmisi akan rusak&harus diganti.

      Delete
  2. Saya Harun kelas 12 tkr4 ijin bertanya, yang membedakan transmisi manual sama transmisi otomatis itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara membedakan yg paling mudah yaitu dikabin terletak pada tuas pemindah dan pedal kopling. Dimana untuk otomatis pemindah kecepatan dapat dipindaahkan tanpa pedal kopling, sementara yg manual penggunaannya disertai penekanan pedal kopling. Dengan kata lain transmisi manual menggunakan kopling manual/mekanik, transmiai otomatis menggunakan kopling otomatis/hidrolis.

      Delete
  3. Pak saya Ryan dari kelas 12 TKRO 4 ijin bertanya pak.apa yang terjadi jika tuas perselepers rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tuas persneling rusak, maka pemindahan gigi tidak bisa dilakukan.

      Delete
  4. nama:yopi maulana
    klas :12 tkr 4
    pa izin bertanya bagaimana cara kerja tranmisi manual dengan otomatis dan mna yg lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewasa ini cara kerja transmisi otomatis banyak yg dipilih karena lebih simpel lbh mudah pengoperasiannya. Tetapi kalo ditanya mana yg lebih baik, masing masing punya kelebihan dan kekurangannya..

      Delete
  5. Kelebihan :Transmisi otomatis lebih cocok untuk pengemudi yang biasa berkeliling kota.transmisi otomatis, karena memungkinkan Anda untuk berpindah gigi lebih mudah dan cepat.Transmisi otomatis juga baik untuk pengemudi baru, karena tidak ada kopling dan perpindahan gigi yang tidak rumit

    ReplyDelete
  6. Rangkuman
    Transmisi manual adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang menpunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan,yang dikeraskan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual .
    Fungsi transmisi manual
    memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup(posisi netral)
    Macam-macam transmisi
    1.sliding gear
    2.canstan mesh
    3.synchronesh.

    ReplyDelete
  7. Ijin bertanya pak
    Jika synchronesh rusak apa yang terjadi ?

    ReplyDelete
  8. Rangkuman
    Transmisi manual adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang menpunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan,yang dikeraskan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual .
    Fungsi transmisi manual
    memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup(posisi netral)
    Macam-macam transmisi
    1.sliding gear
    2.canstan mesh
    3.synchronesh.

    ReplyDelete