Unit Transmisi Manual
TRANSMISI MANUAL
Transmisi Manual adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang mempunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan, yang dikerakan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual.
1. Fungsi Transmisi Manual adalah :
a. Merubah dan mengatur moment putar dan
putaran pada roda penggerak sesuai dengan kebutuhan (posisi 1, 2, 3 ……..n)
b. Memungkinkan kendaraan berhenti
meskipun dalam keadaan mesin hidup (posisi netral)
c. Memungkinkan kendaraan berjalan mundur
(posisi R . mundur)
2. Prinsip Kerja Transmisi
2. Prinsip Kerja Transmisi
Lengan Pengaturan
Moment putar dan putaran didasarkan pada prinsip lengan ungkit, seperti yang
digambarkan dibawah ini.
Dengan
lengan pengungkit yang panjang memungkinkan pemindahan beban yang berat dengan
tenaga yang kecil.
3. Macam-macam Transmisi
a. Dilihat
dari posisi gigi.
1) Dengan gigi geser (Sliding Gear)
|
Gigi
1
Gigi
2
|
:
:
|
Roda
gigi A – D dihubungkan, B – C lepas (putaran out put rendah/lambat)
Roda
gigi B – C dihubungkan, A – D lepas (putaran out put tinggi/cepat)
|
2) Dengan gigi tetap (Constan mesh)
|
Posisi
Gigi 1
Posisi
Gigi 2
|
:
:
|
Kopling
geser dihubungkan ke roda gigi D
(Putaran
out put rendah/lambat)
Kopling
geser dihubungkan keroda gigi C
(Putaran
out put tinggi/cepat)
|
Dilihat dari jumlah poros
Transmisi Dua Poros
Transmisi Tiga Poros
Dilihat dari penggunaan sinkromesh
Transmisi tanpa sinkromesh
Transmisi dengan sinkromesh
Dilihat dari Roda yang digerakkan
Transmisi penggerak Roda depan
Transmisi penggerak Roda belakang
Contoh
: Transmisi Biasa dengan Roda Gigi Geser
|
1.
Poros kopling/Poros input
2.
Poros utama/Poros output
3.
Poros bantu/Counter Gear
|
Reverse
Gear
|
Posisi
Gigi :
Gigi
1
Gigi
2
Gigi
3
Gigi
4
|
=
=
=
=
|
Roda
gigi geser C dihubungkan dengan F maka A – D dan F – C berhubungan (putaran
output lambat)
Roda
gigi geser B dihubungkan dengan E (C dilepas) maka A – D dan E – B
berhubungan
Roda
gigi geser B dihubungkan dengan A (C lepas) maka poros output dan input
seporos (putaran input dan output sama)
Roda
gigi geser dihubungkan dengan H (B lepas) maka A – D dan roda gigi G – H – C
berhubungan (putaran input dan output berlawanan)
|
4. Aliran Tenaga pada Transmisi
VIDEO CARA KERJA TRANSMISI MANUAL
KUIS
12 Comments
Saya tajiman kelas 12 tkr4 izin bertanya. Apa yg terjadi jika sistem transmisi tidak bekerja dengan normal?
ReplyDeleteJika transmisi bekerja tidak normal, maka akan mengakibatkan getaran&suara berisik pada kendaraan, terutama saat memindahkan gigi. Dan juga saat pemindahan terasa susah, mengakibatkan kenyamanan saat pemindahan gigi terasa tidak nyaman.
DeleteJika tidak diidentifikasi kerusakannya yg menyebabkan abnormal, makan transmisi akan rusak&harus diganti.
Saya Harun kelas 12 tkr4 ijin bertanya, yang membedakan transmisi manual sama transmisi otomatis itu apa ?
ReplyDeleteCara membedakan yg paling mudah yaitu dikabin terletak pada tuas pemindah dan pedal kopling. Dimana untuk otomatis pemindah kecepatan dapat dipindaahkan tanpa pedal kopling, sementara yg manual penggunaannya disertai penekanan pedal kopling. Dengan kata lain transmisi manual menggunakan kopling manual/mekanik, transmiai otomatis menggunakan kopling otomatis/hidrolis.
DeletePak saya Ryan dari kelas 12 TKRO 4 ijin bertanya pak.apa yang terjadi jika tuas perselepers rusak?
ReplyDeleteJika tuas persneling rusak, maka pemindahan gigi tidak bisa dilakukan.
Deletenama:yopi maulana
ReplyDeleteklas :12 tkr 4
pa izin bertanya bagaimana cara kerja tranmisi manual dengan otomatis dan mna yg lebih baik
Dewasa ini cara kerja transmisi otomatis banyak yg dipilih karena lebih simpel lbh mudah pengoperasiannya. Tetapi kalo ditanya mana yg lebih baik, masing masing punya kelebihan dan kekurangannya..
DeleteKelebihan :Transmisi otomatis lebih cocok untuk pengemudi yang biasa berkeliling kota.transmisi otomatis, karena memungkinkan Anda untuk berpindah gigi lebih mudah dan cepat.Transmisi otomatis juga baik untuk pengemudi baru, karena tidak ada kopling dan perpindahan gigi yang tidak rumit
ReplyDeleteRangkuman
ReplyDeleteTransmisi manual adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang menpunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan,yang dikeraskan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual .
Fungsi transmisi manual
memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup(posisi netral)
Macam-macam transmisi
1.sliding gear
2.canstan mesh
3.synchronesh.
Ijin bertanya pak
ReplyDeleteJika synchronesh rusak apa yang terjadi ?
Rangkuman
ReplyDeleteTransmisi manual adalah komponen dari pemindah daya yang terletak setelah kopling yang menpunyai fungsi untuk mengatur rasio kecepatan,yang dikeraskan secara manual seiring dengan mekanisme kopling manual .
Fungsi transmisi manual
memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup(posisi netral)
Macam-macam transmisi
1.sliding gear
2.canstan mesh
3.synchronesh.