KOPLING (CLUTCH)          
Kopling berfungsi untuk menghubungkan damemutuskan aliran tenaga, torsi dan putaran motor ke komponen pemindah tenaga.


PRINSIP KERJA KOPLING
Pada saat drive disc dan driven disc bersinggungan, maka drive disc memutar driven disc yang berhubungan dengan input transmisi. Sebagai hasilnya torsi/gaya putar dari mesin ditransfer melalui kopling ke komponen pemindah daya yang lainnya hingga ke roda penggerak.


Contoh :pada kopling plat tunggal dengan diafragma


Bagian utama kopling:
1.
TuaPembebas
6.
Bantalan pilot
2.
Roda gaya
7.
Plat kopling
3.
Bantalan tekan
8.
Pegas diafragma
4.
Poros kopling
9.
Plat penekan
5.
Poros engkol
10
Unit penekan


          MEKANISME KERJA KOPLING
          1. Mekanisme Penggerak Kopling
              Mekanisme penggerak kopling terdiri dari 2 macam :
                a.  Mekanisme Penggerak Kopling Mekanis
Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling. Saat pedal kopling diinjak, menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas pembebas ke arah maju menekan pegas kopling, sehingga plat kopling bebas tidak terjepit oleh plat tekan.
                                                   
                                                Mechanical clutch terdiri dari 
                                                1.  Clutch pedal.
                                                2.    Clutch release lever.
                                                3.    Clutch release cable.
                                               4.    Release fork.
                                               5.    Clutch cover. 

              b. Mekanisme penggerak Kopling Hidrolis
Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan hidrolis minyak. Pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pada master silinder dan  disalurkan kesilinder kopling. Tekanan minyak mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini menyebabkan kopling memutuskan hubungan mesin dengan sistem pemindah tenaga.

                                                    Tipe ini terdiri dari:
                                                   1.  Clutch pedal.
                                                   2.    Master Cylinder
                                                  3.    Flexible hose.
                                                  4.    Release cylinder.
                                                  5.    Release fork.
                                                  6.    Clutch cover.   
                              
          2. Mekanisme Penghubungan dan Pembebasan Kopling
              a. Posisi Kopling Terhubung
Pada saakaki pengemudi tidamenekan pedal koplingmaktuas pembebas pada unikopling tidatertarik, akibatnya pegas penekan diafragmmenekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/tertekandan kanvas kopling terjepit diantara roda gaya dan plat penekan, sehingga putaran motor pada roda gaya dimanater dapat dudukan pelat kopling, akan diteruskan atau dipindahkan ke poros kopling



   Posisi Kopling Terhubung daTerlepas                  
               
b. Posisi Kopling Terlepas
Selanjutnya pada saakaki  menekan pedal koplingmaktuas pembebas pada unit kopling akan tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma mengungkit  plat  penekan  sehingga  plat  kopling  bebas  dari   penekanan. Akibatnya kanvas kopling bebas dari penekan/jepitanmaka tenaga, torsi dan putaran motor tidak dapat diteruskan/dipindahkan ke poros kopling.

Mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu distel?
Keausan pada kanvas kopling menyebabkan pengurangan gerak bebas. Jika tidak adgerak bebas, kopling berada dalam keadaan seperti ditekan sedikit, akibatnya kopling mulai slip.

InformasTambahan : Penyetelan Gerak Bebas Kopling
Mengapa pada kopling sistem penggerak hidraulis yang baru distel, gerak bebasnya dapat hilang setelah pedal kopling ditekan beberapa kali?
Gerak bebas hilang karena batang penekan pada silinder master tidak ada celahnya.Akibatnya :
Pada saat pedal dilepas, torak master tidak dapakembali sampai pada pembatasnya.
Lubang kompensasi antara silinder reservoitertutup oleh sil primer.
Cairan rem dari silinder kopling tidak dapamengalikembalkresevoir, maka tekanan dalam sistem hidraulis akan hilang dengan sempurna.
Kopling masih sedikitertekan,walaupun pedalnya dilepas.


 VIDEO CARA KERJA KOPLING




KUIS

13 Comments

  1. Trimakasih pnjlasannttng koplingny.
    Bagaimana dng cara kerja mobil metik yg katanya tanpa kopling.apakah benar itu tanpa kopling ato bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg menarik, terimakasih..
      Memang betul pemikiran orang orang sama seperti ibu, mobil matik identik dg tanpa kopling, tapi sebenarnya semua mobil ada koplingnya cuma mekanisme kerjanya aja ada yg manual ada yg otomatis/metik. Untuk manual itu ada pedal koplingnya menggunakan kopling mekanik, semantara yg otomatis itu tanpa pedal kopling, tetapi kopling yg dipake kopling hidrolis berupa torque conventer ato kopling otomatisny.
      Jadi intinya semua kendaraan ada koplingnya, dimana fungsinya menyambungkan/memutuskan tenaga dari engine ke transmisi.
      Mudah"n blm puas atas penjelasan ini, terimakasih..

      Delete
  2. Yang di maksud dengan release Flexible apa yhh pak?? Soalnya kurang ngerti juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Release fleksibel ato fleksibel hose merupakan saluran minyak kopling dari master silinder ke silinder pembebas.

      Delete
  3. Assalamu'alaikum siap pak ijin brtanya, saya Suhendar kelas 12 tkro 4 mau tanya, Gerak bebas pada kopling itu kan dapat berubah dan perlu di stel, nah pertanyaanya bagaimana yang akan terjadi jika tidak ada penyetelannya pak?
    Terimakasihh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika gerak bebas tidak distel maka akan terjadi ketidak nyamanan saat membebaskan kopling, bahkan kopling bisa saja tidak bebas dr fly wheel dan posisi kopling maaih menempel dan timbul gesekan dan slip.
      Maka dari itu untuk mendapatkan pembebasan kopling yg ideal, maka diperlukan stel gerak bebas pedal yg sesuai dg aturan

      Delete
  4. Pak, tuas pembebas teh Release bearing y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuas pembebas itu batang persneling, pembahasan di transmisi.
      Sementara release bearing yaitu bantalan/klaher pembebas yg menempel langsung dan berputar dg diapragma spring, fungsinya membebaskan plat kopling dg cara menekan diapragma spring saat pedal diinjak.

      Delete
  5. Izin bertanya pak inih Farhan Ramadan kls 12 TKR 4. Mengapa klo kampas kopling sudah TDK di layak pake kenapah arus d ganti pak?

    ReplyDelete
  6. Rangkuman
    Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga .
    Bagian utama kopling:
    1.tuas pembebas
    2.roda gaya
    3.banyalan tekan
    4.poros kopling
    5.poros engkol
    Mekanis kerja kopling
    1.mekanis penggerak kopling terdiri dari dua macam :
    a.mekanisme penggerak kopling mekanis
    sistem mekanis menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling.
    Mechanical clutch terdiri dari:
    1.clutch pedal
    2.clutch release lever
    3.clutch release cable
    4.release fork
    5.clutch cover

    b.mekanisme penggerak kopling hidrolis
    Memanfaatkan tekanan hidrolis menyetel pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pasa master silinder dan disaluran ke silinder kopling.
    Tipe ini terdiri dari:
    1.clutch pedal
    2.master cylinder
    3.flexible hose
    4.release cylinder
    5.release fork
    6.clutch cover

    2.makanisme penghubung dan pembebas kopling
    a.posisi kopling terhubung
    Pada saat kaki pengemudi tidak menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung.
    b.posisi kopling terlepas
    Pada saat kaki menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menggungkit plat penekan sehingga platbkopling bebas dari penekan.

    ReplyDelete
  7. Ijin bertanya pak
    Apa fungsi tuas pembebas?

    ReplyDelete
  8. Rangkuman
    Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga .
    Bagian utama kopling:
    1.tuas pembebas
    2.roda gaya
    3.banyalan tekan
    4.poros kopling
    5.poros engkol
    Mekanis kerja kopling
    1.mekanis penggerak kopling terdiri dari dua macam :
    a.mekanisme penggerak kopling mekanis
    sistem mekanis menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling.
    Mechanical clutch terdiri dari:
    1.clutch pedal
    2.clutch release lever
    3.clutch release cable
    4.release fork
    5.clutch cover

    b.mekanisme penggerak kopling hidrolis
    Memanfaatkan tekanan hidrolis menyetel pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pasa master silinder dan disaluran ke silinder kopling.
    Tipe ini terdiri dari:
    1.clutch pedal
    2.master cylinder
    3.flexible hose
    4.release cylinder
    5.release fork
    6.clutch cover

    2.makanisme penghubung dan pembebas kopling
    a.posisi kopling terhubung
    Pada saat kaki pengemudi tidak menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung.
    b.posisi kopling terlepas
    Pada saat kaki menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menggungkit plat penekan sehingga platbkopling bebas dari penekan.

    ReplyDelete