Unit Kerja Kopling
KOPLING (CLUTCH)
Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga, torsi dan putaran motor ke komponen pemindah tenaga.
Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga, torsi dan putaran motor ke komponen pemindah tenaga.
PRINSIP KERJA KOPLING
Pada saat drive disc dan driven disc bersinggungan, maka drive disc memutar driven disc yang berhubungan dengan input transmisi. Sebagai hasilnya torsi/gaya putar dari mesin ditransfer melalui kopling ke komponen pemindah daya yang lainnya hingga ke roda penggerak.Contoh :pada kopling plat tunggal dengan diafragma
1.
|
Tuas Pembebas
|
6.
|
Bantalan pilot
|
2.
|
Roda
gaya
|
7.
|
Plat kopling
|
3.
|
Bantalan tekan
|
8.
|
Pegas
diafragma
|
4.
|
Poros kopling
|
9.
|
Plat penekan
|
5.
|
Poros engkol
|
10
|
. Unit penekan
|
MEKANISME KERJA KOPLING
1. Mekanisme Penggerak Kopling
Mekanisme penggerak kopling terdiri dari 2 macam :
a. Mekanisme Penggerak Kopling Mekanis
Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling. Saat pedal kopling diinjak, menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas pembebas ke arah maju menekan pegas kopling, sehingga plat kopling bebas tidak terjepit oleh plat tekan.
Mechanical clutch terdiri dari
1. Clutch pedal.
2. Clutch release lever.
3. Clutch release cable.
4. Release fork.
5. Clutch cover.
b. Mekanisme penggerak Kopling Hidrolis
Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan hidrolis minyak. Pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pada master silinder dan disalurkan kesilinder kopling. Tekanan minyak mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini menyebabkan kopling memutuskan hubungan mesin dengan sistem pemindah tenaga.
Tipe ini terdiri dari:
1.
Clutch pedal.
2.
Master
Cylinder
3.
Flexible
hose.
4.
Release
cylinder.
5.
Release
fork.
6.
Clutch
cover.
a. Posisi Kopling Terhubung
Pada saat kaki pengemudi tidak menekan
pedal
kopling, maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/tertekandan kanvas
kopling
terjepit diantara roda gaya dan plat penekan, sehingga putaran
motor pada roda gaya dimanater dapat dudukan pelat kopling, akan diteruskan atau dipindahkan
ke poros
kopling.
b. Posisi Kopling Terlepas
Selanjutnya pada saat kaki menekan pedal
kopling, maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma
mengungkit plat penekan sehingga plat kopling
bebas dari penekanan.
Akibatnya kanvas kopling bebas dari penekan/jepitan, maka tenaga, torsi dan
putaran motor tidak dapat diteruskan/dipindahkan ke poros
kopling.
Mengapa gerak bebas
kopling dapat berubah
dan perlu distel?
Keausan pada kanvas kopling menyebabkan pengurangan gerak bebas. Jika tidak ada gerak bebas, kopling berada dalam keadaan seperti ditekan sedikit,
akibatnya kopling mulai
slip.
Informasi Tambahan : Penyetelan Gerak
Bebas Kopling
Mengapa
pada kopling sistem
penggerak
hidraulis yang baru distel,
gerak bebasnya dapat hilang setelah pedal
kopling ditekan beberapa
kali?
Gerak bebas hilang karena
batang penekan
pada silinder master tidak
ada celahnya.Akibatnya :
Pada saat pedal dilepas, torak master tidak dapat kembali sampai pada
pembatasnya.
Lubang kompensasi
antara silinder reservoir tertutup oleh sil primer.
Cairan rem dari silinder kopling tidak dapat mengalir kembali ke resevoir, maka tekanan dalam sistem hidraulis akan hilang dengan sempurna.
Kopling masih
sedikit tertekan,walaupun
pedalnya dilepas.
VIDEO CARA KERJA KOPLING
KUIS
13 Comments
Trimakasih pnjlasannttng koplingny.
ReplyDeleteBagaimana dng cara kerja mobil metik yg katanya tanpa kopling.apakah benar itu tanpa kopling ato bagaimana?
Pertanyaan yg menarik, terimakasih..
DeleteMemang betul pemikiran orang orang sama seperti ibu, mobil matik identik dg tanpa kopling, tapi sebenarnya semua mobil ada koplingnya cuma mekanisme kerjanya aja ada yg manual ada yg otomatis/metik. Untuk manual itu ada pedal koplingnya menggunakan kopling mekanik, semantara yg otomatis itu tanpa pedal kopling, tetapi kopling yg dipake kopling hidrolis berupa torque conventer ato kopling otomatisny.
Jadi intinya semua kendaraan ada koplingnya, dimana fungsinya menyambungkan/memutuskan tenaga dari engine ke transmisi.
Mudah"n blm puas atas penjelasan ini, terimakasih..
Luar biasa
ReplyDeleteYang di maksud dengan release Flexible apa yhh pak?? Soalnya kurang ngerti juga
ReplyDeleteRelease fleksibel ato fleksibel hose merupakan saluran minyak kopling dari master silinder ke silinder pembebas.
DeleteAssalamu'alaikum siap pak ijin brtanya, saya Suhendar kelas 12 tkro 4 mau tanya, Gerak bebas pada kopling itu kan dapat berubah dan perlu di stel, nah pertanyaanya bagaimana yang akan terjadi jika tidak ada penyetelannya pak?
ReplyDeleteTerimakasihh ..
Jika gerak bebas tidak distel maka akan terjadi ketidak nyamanan saat membebaskan kopling, bahkan kopling bisa saja tidak bebas dr fly wheel dan posisi kopling maaih menempel dan timbul gesekan dan slip.
DeleteMaka dari itu untuk mendapatkan pembebasan kopling yg ideal, maka diperlukan stel gerak bebas pedal yg sesuai dg aturan
Pak, tuas pembebas teh Release bearing y
ReplyDeleteTuas pembebas itu batang persneling, pembahasan di transmisi.
DeleteSementara release bearing yaitu bantalan/klaher pembebas yg menempel langsung dan berputar dg diapragma spring, fungsinya membebaskan plat kopling dg cara menekan diapragma spring saat pedal diinjak.
Izin bertanya pak inih Farhan Ramadan kls 12 TKR 4. Mengapa klo kampas kopling sudah TDK di layak pake kenapah arus d ganti pak?
ReplyDeleteRangkuman
ReplyDeleteKopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga .
Bagian utama kopling:
1.tuas pembebas
2.roda gaya
3.banyalan tekan
4.poros kopling
5.poros engkol
Mekanis kerja kopling
1.mekanis penggerak kopling terdiri dari dua macam :
a.mekanisme penggerak kopling mekanis
sistem mekanis menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling.
Mechanical clutch terdiri dari:
1.clutch pedal
2.clutch release lever
3.clutch release cable
4.release fork
5.clutch cover
b.mekanisme penggerak kopling hidrolis
Memanfaatkan tekanan hidrolis menyetel pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pasa master silinder dan disaluran ke silinder kopling.
Tipe ini terdiri dari:
1.clutch pedal
2.master cylinder
3.flexible hose
4.release cylinder
5.release fork
6.clutch cover
2.makanisme penghubung dan pembebas kopling
a.posisi kopling terhubung
Pada saat kaki pengemudi tidak menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung.
b.posisi kopling terlepas
Pada saat kaki menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menggungkit plat penekan sehingga platbkopling bebas dari penekan.
Ijin bertanya pak
ReplyDeleteApa fungsi tuas pembebas?
Rangkuman
ReplyDeleteKopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga .
Bagian utama kopling:
1.tuas pembebas
2.roda gaya
3.banyalan tekan
4.poros kopling
5.poros engkol
Mekanis kerja kopling
1.mekanis penggerak kopling terdiri dari dua macam :
a.mekanisme penggerak kopling mekanis
sistem mekanis menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling.
Mechanical clutch terdiri dari:
1.clutch pedal
2.clutch release lever
3.clutch release cable
4.release fork
5.clutch cover
b.mekanisme penggerak kopling hidrolis
Memanfaatkan tekanan hidrolis menyetel pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pasa master silinder dan disaluran ke silinder kopling.
Tipe ini terdiri dari:
1.clutch pedal
2.master cylinder
3.flexible hose
4.release cylinder
5.release fork
6.clutch cover
2.makanisme penghubung dan pembebas kopling
a.posisi kopling terhubung
Pada saat kaki pengemudi tidak menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung.
b.posisi kopling terlepas
Pada saat kaki menekan pedal kopling maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik akibatnya pegas penekan diafragma menggungkit plat penekan sehingga platbkopling bebas dari penekan.