KOPLING (CLUTCH)          
Kopling berfungsi untuk menghubungkan damemutuskan aliran tenaga, torsi dan putaran motor ke komponen pemindah tenaga.


PRINSIP KERJA KOPLING
Pada saat drive disc dan driven disc bersinggungan, maka drive disc memutar driven disc yang berhubungan dengan input transmisi. Sebagai hasilnya torsi/gaya putar dari mesin ditransfer melalui kopling ke komponen pemindah daya yang lainnya hingga ke roda penggerak.


Contoh :pada kopling plat tunggal dengan diafragma


Bagian utama kopling:
1.
TuaPembebas
6.
Bantalan pilot
2.
Roda gaya
7.
Plat kopling
3.
Bantalan tekan
8.
Pegas diafragma
4.
Poros kopling
9.
Plat penekan
5.
Poros engkol
10
Unit penekan


          MEKANISME KERJA KOPLING
          1. Mekanisme Penggerak Kopling
              Mekanisme penggerak kopling terdiri dari 2 macam :
                a.  Mekanisme Penggerak Kopling Mekanis
Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling. Saat pedal kopling diinjak, menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas pembebas ke arah maju menekan pegas kopling, sehingga plat kopling bebas tidak terjepit oleh plat tekan.
                                                   
                                                Mechanical clutch terdiri dari 
                                                1.  Clutch pedal.
                                                2.    Clutch release lever.
                                                3.    Clutch release cable.
                                               4.    Release fork.
                                               5.    Clutch cover. 

              b. Mekanisme penggerak Kopling Hidrolis
Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan hidrolis minyak. Pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pada master silinder dan  disalurkan kesilinder kopling. Tekanan minyak mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini menyebabkan kopling memutuskan hubungan mesin dengan sistem pemindah tenaga.

                                                    Tipe ini terdiri dari:
                                                   1.  Clutch pedal.
                                                   2.    Master Cylinder
                                                  3.    Flexible hose.
                                                  4.    Release cylinder.
                                                  5.    Release fork.
                                                  6.    Clutch cover.   
                              
          2. Mekanisme Penghubungan dan Pembebasan Kopling
              a. Posisi Kopling Terhubung
Pada saakaki pengemudi tidamenekan pedal koplingmaktuas pembebas pada unikopling tidatertarik, akibatnya pegas penekan diafragmmenekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/tertekandan kanvas kopling terjepit diantara roda gaya dan plat penekan, sehingga putaran motor pada roda gaya dimanater dapat dudukan pelat kopling, akan diteruskan atau dipindahkan ke poros kopling



   Posisi Kopling Terhubung daTerlepas                  
               
b. Posisi Kopling Terlepas
Selanjutnya pada saakaki  menekan pedal koplingmaktuas pembebas pada unit kopling akan tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma mengungkit  plat  penekan  sehingga  plat  kopling  bebas  dari   penekanan. Akibatnya kanvas kopling bebas dari penekan/jepitanmaka tenaga, torsi dan putaran motor tidak dapat diteruskan/dipindahkan ke poros kopling.

Mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu distel?
Keausan pada kanvas kopling menyebabkan pengurangan gerak bebas. Jika tidak adgerak bebas, kopling berada dalam keadaan seperti ditekan sedikit, akibatnya kopling mulai slip.

InformasTambahan : Penyetelan Gerak Bebas Kopling
Mengapa pada kopling sistem penggerak hidraulis yang baru distel, gerak bebasnya dapat hilang setelah pedal kopling ditekan beberapa kali?
Gerak bebas hilang karena batang penekan pada silinder master tidak ada celahnya.Akibatnya :
Pada saat pedal dilepas, torak master tidak dapakembali sampai pada pembatasnya.
Lubang kompensasi antara silinder reservoitertutup oleh sil primer.
Cairan rem dari silinder kopling tidak dapamengalikembalkresevoir, maka tekanan dalam sistem hidraulis akan hilang dengan sempurna.
Kopling masih sedikitertekan,walaupun pedalnya dilepas.


 VIDEO CARA KERJA KOPLING




KUIS